Penertiban APK di Masa Tenang, Bawaslu Berau Pastikan tidak ada pelanggaran

Berau - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Berau pada hari Minggu (11/2/2024) Apel Siaga Masa Tenang dan melakukan penertiban Bahan Kampanye (BK), Alat Peraga Kampanye (APK) dan Alat Peraga Sosialisasi (APS). Kegiatan tersebut juga dilaksanakan serentak di seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Berau dan dibantu oleh Dinas Perhubungan, Satpol Pamong Praja,Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan serta Pendampingan Pengamanan oleh TNI, Kodim serta Kepolisian Berau agar berjalan dengan lancar dan aman.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka melakukan upaya pencegahan pelanggaran di tahapan Masa Tenang Pada Pemilihan Umum Calon Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota peserta Pemilihan Umum Tahun 2024.

Tamjidillah Noor selaku Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Berau, yang menjadi Pembina Apel Siaga serta mengintruksikan penertiban APK mengatakan bahwa dalam masa tenang ini semoga diberikan kelancaran dalam pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024 dan juga bersih dari segala macam bentuk alat peraga kampanye sebagai langkah untuk menjaga suasana adil dan damai. Pada masa tenang ini tidak diperbolehkan seorangpun yang berkepentingan untuk kampanye dan memastikan pemilih dapat membuat keputusan secara bebas pada hari pemilihan.

“pada masa tenang ini kami besera jajaran harus menurunkan alat peraga kampanye (APK) yang tersebar dan terpasang diseluruh daerah kabupaten Berau agar bersih sebelum masa pungut hitung. semua pihak dihimbau untuk tidak membagikan bahan kampanye atau memasang atribut kampanye. Langkah ini diambil untuk mencegah penyebaran Isu-Isu dan Hoax yang dapat memengaruhi opini atau pendapat publik waktu mendekati pemilihan" terang Tamjidillah.

Lebih lanjut, Tamjidillah mengungkapkan bahwa langkah ini adalah bagian dari upaya bersama untuk menciptakan pemilu yang bersih, jujur, dan transparan. Bawaslu Berau mengingatkan semua calon dan pendukungnya untuk mematuhi aturan agar terciptanya pesta demokrasi yang sehat dan berkualitas.