Bawaslu Dukung Rencana Tindak Lanjut Peserta SKPP

Penajam, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu Republik Indonesia (RI) menyelenggarakan kegiatan Presentasi Karya Tulis Peserta dan Penutupan SKPP Angkatan III Gelombang III. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka pemenuhan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) berupa pembentukan pusat pendidikan pengaaasan pemilu partisipatif.

Pada kegiatan tersebut, hadir satu orang delegasi dari masing-masing Kabupaten/Kota, termasuk Kabupaten Penajam Paser Utara, di Jeep Station Indonesia Resort, Bogor pada Sabtu, (28/11/2020). Menghadirkan penguji karya tulis peserta yang berasal dari 12 Bawaslu Provinsi yang teridiri dari Ketua dan Kepala Bagian Pengawasan serta 49 Bawaslu Kabupaten/Kota yang terdiri dari Ketua/ Anggota.

Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Kabupaten PPU, Moh. Khazin turut hadir menjadi penguji karya tulis dalam kegiatan ini. Dirinya bertanggung jawab sebagai penguji pada sesi pertama, bersama dengan Bawaslu Kota Bontang dan Kabupaten Kutai Barat.

Perserta SKPP asal Kabupaten PPU, Muhammad Rizieq, merupakan seorang Mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Balikpapan dan aktif dalam oraganisasi kepemudaan wilayah Kota Balikpapan dan Kabupaten PPU. Rizieq menggagas GERMA PEDE (Gerakan Mahasiswa Pedulu Demokrasi) sebagai wujud kampanye pengawasan partisipatif di lingkungannya.

Khazin menyebutkan bahwa, Bawaslu Kabupaten PPU akan memberikan dukungan terhadap rencana tindak lanjut yang akan dilaksanakan oleh peserta skpp sebagaimana telah menjadi kewajiban pasca pelaksanaan pendidikan.

"Bawaslu akan memberikan dukungan tentunya atas rencana yang sudah dibuat oleh peserta. Oleh karena itu rencana strategis yang sudah disusun sebagai tindak lanjut perlu menjadi perhatian, baik yang bersifat jangka pendek, menengah dan jangka panjang," ujarnya.

Dirinya juga menambahkan, agar nantinya output dari pelaksanaan ini secara teoritis maupun empiris bisa dipertanggungjawabkan. Kegiatan presentasi secara keseluruhan akan berakhir pada Sabtu, (28/11/2020) malam. Agenda penutupan acara sekaligus sebagai acara puncak yang memuat pengumuman peserta terbaik dalam rangkaian agenda yang terlah berlangsung.